..

Cara Menghapus Virus Malware Pada Browser Komputer

Cara Menghapus Virus Malware Pada Browser Komputer
Edigital.biz - Virus atau malware dalam browser dapat mengakibatkan rusaknya beberapa software komputer, menganggu aktivitas bowsing karena terdapat pop up iklan yang bermunculan (adwares) dan bahkan lebih parahnya lagi virus malware tersebut juga dapat menyebabkan komputer menjadi hang.

Untuk menghilangkan atau menghapus virus malware di browser sebenarnya sangat mudah sekali, tetapi banyak para pengguna yang belum mengetahui caranya. Berikut ini kami sajikan informasi singkat mengenai cara menghilangkan virus malware pada browser komputer dengan mudah.

Cara Menghapus Virus/ Malware Pada Browse Komputer

1. Langkah pertama: Masuk ke Safe Mode
Virus atau melware pada browser dapat bekerja karena adanya koneksi internet, maka dari itu agar kedua ancaman tersebut tidak bekerja matikan terlebih dahulu koneksi internet komputer Anda. setelah itu aktifkan Safe Mode, fitur ini berguna agar aktivitas malware dapat diminimalisir dalam browser. Caranya tekan F8 berulang kali hingga muncul Advanced boot options, nah disinilah Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut.

2. Langkah kedua: Hapus Temporary Files
Setelah mengaktifkan Safe Mode, kini langkah selanjutnya adalah menghapus temporary files. Hal ini berguna agar nantinya mempercepat scanning virus ataupun melware. Caranya masuk terlebih dahulu ke Start, All Programs (Atau hanya Program), Aksesoris, System Tools, Disk Cleanup.

3. Langkah Ketiga: Gunakan Aplikasi Scanner Malware

Inilah alat yang berguna untuk mengetahui lokasi virus ataupun malware tersebut. ada banyak sekali software scanner malware yang bisa Anda pilih. Mulai dari Kaspersky Virus Removal Tool, BitDefender Free Edition , Malwarebytes, Norman Malware Cleaner, SuperAntiSpyware dan yang paling kami rekomendasikan bagi anda pengguna windows adalah "Free Malware Removal Tool" yang dapat Anda download disini.

Free Malware Removal Too

Setelah Anda mengetahui letak virus atau malware tersebut, Anda dapat mengahapusnya langsung dari aplikasi tersebut. Akan tetapi apabila cara-cara diatas belum juga berhasil atau virus malware kembali beraksi, Anda dapat mengulanginya beberapa kali lagi. kesulitan penghapusan virus sebenarnya tergantung dari serangan yang telah dihasilkan, semakin banyak virus atau melware tersebut, maka akan semakin lama kita untuk menghapus semuanya.

Demikian kilas informasi mengenai cara menghapus virus malware pada browser komputer yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang singkat diatas dapat menjadi solusi bagi komputer maupun laptop Anda yang mengalami serangan virus.